Jumat, 15 Juli 2011

Keutamaan Hari Jum’at

... Bsimillahhirrahmanirrahim..
Hari Jum’at adalah salah satu hari yang disebut dalam Al Qur’an bahkan sebagai nama Surat di
Qur’an yaitu surat Al Jumu’ah, Allahh SW berfirman:

"Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat  pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli.{1} Yang demikian itu lebih baik bagimu  jika kamu mengetahui." (QS.Al Jumu'ah /62:9)



{1}Maksudnya: apabila imam telah naik mimbar dan muazin telah azan di hari Jumat, maka kaum muslimin wajib bersegera memenuhi panggilan muazin itu dan meninggalkan semua pekerjaannya 

"Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah  Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung." (QS.Al Jumuطah /62:10)


Tentang dianjurkan memakaian yang indah dan
berhias diri pada hari Jum’at
 
Ini merupakan perintah Allah SWT di Qur’an dalam Firman-Nya:
Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid{1}.{2}  (QS. Al A’raf/7:31)
{1}Maksudnya: tiap-tiap akan mengerjakan salat atau tawaf sekeliling Kakbah atau ibadah-ibadah
yang lain. 

Yang dimaksud dengan memakai "zinah"  ialah memakai pakaian yang dapat menutupi auratnya. Lebih sopan lagi kalau pakaian itt selain bersih dan baik juga indah yang dapat menambah keindahan seseorang dalam beribadat menyembah Allah sebagaimana kebiasaan seseorang berdandan dengan memakai pakaian yang indah di kala akan pergi ke tempat-tempat undangan dan lain-lain, maka untuk pergi ke tempat-tempat beribadat untuk menyembah Allah tentu lebih pantas lagi, bahkan lebih  utama. Hal ini bergantung pada kemauan dan kesanggupan seseorang, juga bergantung pada kesadaran. Kalau
seseorang hanya mempunyai pakaian selembar saja, cukup untuk menutupi aurat dalam beribadat itu  pun memadailah. Tetapi kalau seseorang mempunyai pakaian yang agak banyak, maka lebih utamalah kalau dia memakai yang bagus. Rasulullah saw. telah bersabda: 

Artinya: 
Apabila salah seorang di antaramu mengerjakan salat hendaklah memakai dua kain,
karena untuk Allahlah yang lebih pantas seseorang berdandan. Jika tidak ada dua helai kain, maka cukuplah sehelai saja untuk dipakai salat. Janganlah berkemul dalam salat,seperti berkemulnya orang-orang Yahudi.  (H.R At Tabrani dan Al Baihaqy dari Ibnu Umar) 

Diriwayatkan dari Hasan, cucu Rasulullah,  bahwa dia apabila akan mendirikan salat memakai pakaian yang sebagus-bagusnya. Maka dia ditanya orang dalam hal itu. Dia menjawab: "Allah indah suka kepada keindahan, maka saya memakai pakaian yang bagus." Dan Allah berfirman:
Artinya: 
Pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid. (Q.S Al A'raf: 31) 
Jelaslah dari ayat iniو Perintah memakai pakaian yang baik ini sebelum Islam datang belum ada.

Hari yang terbaik sejak terbit matahari yaitu hari Jum’at, pada hari Jum’at diciptakan Adam, dan  pada hari Jum’at Adam dimasukkan ke surga, dan  pada hari Jum’at Adam dikeluarjkan dari surga , dan tidak akan terjadi hari kiamat kecuali pada hari Jum’at. “(HR. Imam Muslim, Imam Ahmad dan Tirmididzi, dan lainnya,  dalam kitab Ja’amiul masaanid wal Muraasiel, oleh Imam Al hafid Jalaluddin Asy Syuthi)

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya paling utamanya hari2mu adalah hari
Jum’at, perbanyaklah bershalawat untukku
.

Rasulullah SAW bersabda:  “Barangsiapa yang mati pada hari Jum’at atau pada malam
lailatul Qadr, ia berakkhir dengan Iman (husnul khotimah) dan bebas dari siksa kubur”
(Di
kitab  Kanzul Ummal, dalam bab orang yg mati hari Jum’at)

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang mati pada malam Jum’at atau hari Jum’at ia
bebas dari fitnah kubur, dan tercatat Syahid.”
(Dari Kitab Musannaf oleh Abddur Razzaq).

Rasulullah SAW bersabda: “ Barangsiapa berwudhu dan memberbaiki wudhunya, kemudian dating ke Jum’at (Shalat Jum’at) dan mendengarkan dengan sungguh-sungguh (khotbah) diampuni baginya antara Jum’at dan Jum’at (berikutnya) ditambah tiga hari." (HR Muslim)


(disusun oleh: ust Achmad Muzammil dalam http://kambing.ui.ac.id/)

akh ten inspire'06

Tidak ada komentar:

Posting Komentar